February 04, 2020

Tekstur MPASI yang Benar

MENURUT panduan MPASI dari WHO, tekstur makanan juga merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan. Pada bayi usia 6—8 bulan, tekstur MPASI yang diberikan adalah makanan yang lumat atau halus, misalnya bubur saring atau makanan yang ditumbuk. Pastikan tekstur makanan tidak terlalu cair atau encer. 

Pada usia 8 bulan, bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan finger food. Lalu, pada usia 9—11 bulan, tekstur makanan dinaikkan menjadi agak kasar, seperti nasi tim, bubur tanpa disaring, makanan dicincang halus, atau irisan makanan lunak. 

Selanjutnya, pada usia 12 bulan ke atas, tekstur makanan bayi sudah lebih keras daripada sebelumnya. Bayi dapat memakan makanan yang biasa dimakan oleh keluarganya, seperti makanan yang dicincang kasar, makanan yang diiris, dan makanan yang dapat dipegang oleh tangan. Akan tetapi, orangtua harus tetap memerhatikan ukuran makanannya agar bayi tidak mudah tersedak.

No comments:

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan dua WNI positif virus corona pada Senin, 2 Maret 2020. Hal tersebut sekaligus menand...