February 04, 2020

Baby Led Weaning versus Spoon Feeding

BABY LED WEANING (BLW) merupakan metode alternatif yang memperkenalkan bayi pada makanan padat dengan cara memakannya sendiri. Metode ini dilakukan dengan cara bayi diletakkan di kursi makan khusus bayi, kemudian Mommy meletakkan makanan di atas meja yang ada di kursi tersebut. Bayi akan mulai mengambil makanan yang dirasa menarik, kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Selain dengan kursi makan khusus, Mommy juga bisa memangku bayi, lalu meletakkan meja dan makanan di depan bayi.

Cara ini dirasa agak merepotkan. Terlebih, jika diterapkan kepada bayi yang masih belum bisa duduk sendiri. Selain itu, Mommy juga perlu bersabar membersihkan sisa makanan yang berceceran dan tidak tentunya jam makan tersebut berakhir. Tujuan utama metode ini adalah bayi mampu memilih sendiri makanan yang disukainya. Oleh karena itu, berilah makanan yang bervariasi. 

Metode ini dirasa cocok untuk bayi usia 8 bulan ke atas. Dalam melakukan Baby Led Weaning, bayi harus selalu berada di bawah pengawasan orangtua karena ditakutkan bayi akan tersedak makanan yang dia makan. Berikan makanan yang empuk sesuai dengan usia dan tekstur makanannya. 

Sementara itu, spoon feeding adalah cara makan pada bayi dengan cara disuapi menggunakan sendok makan oleh orangtuanya. Metode ini adalah metode yang paling direkomendasikan dalam pemberian MPASI, diawali dengan bentuk yang lembut,  naik tekstur ke bentuk yang lebih kasar. Cara ini lebih mudah dilakukan karena Mommy dapat mengatur kapan bayi berhenti makan dan kapan Mommy dapat menerapkan kenaikan tekstur makanan. 

Dari kedua metode tersebut, ada kekurangan dan kelebihannya. Pilihlah metode yang baik, tergantung oleh keadaan anak dan orangtua. Anda juga bisa menggabungkan kedua metode tersebut agar anak dapat makan dengan baik.

No comments:

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan dua WNI positif virus corona pada Senin, 2 Maret 2020. Hal tersebut sekaligus menand...